SATUAN ACARA PENYULUHAN
A. POKOK BAHASAN : Cara Mencuci Tangan Yang Baik
B. STANDAR KOPETINSI :
Adik-adik TK Siswa Budi mampu mengerti, memahami dan dapat mempraktekan tentang cara mencuci tangan yang benar dan sehat.
C. KOPETENSI DASAR :
Adik-adik TK Siswa Budi dapat:
1. Menjelaskan pengertian mencuci tangan
2. Menyebutkan tujuan mencuci tangn
3. Menjelaskan kapan waktu mencuci tangan
4. Menyebutkan alat-alat yang diperlukan dalam mencuci tangan
5. Mendemonstrasikan cara mencuci tangan yang benar dan sehat
1. Menjelaskan pengertian mencuci tangan
2. Menyebutkan tujuan mencuci tangn
3. Menjelaskan kapan waktu mencuci tangan
4. Menyebutkan alat-alat yang diperlukan dalam mencuci tangan
5. Mendemonstrasikan cara mencuci tangan yang benar dan sehat
D. SASARAN : Murid TK Siswa Budi
E. TANGGAL / WAKTU :
5 Oktober 2011 / 48 menit
F. TEMPAT : TK Siswa Budi
G. METODE :
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Demonstrasi
2. Tanya Jawab
3. Demonstrasi
H. MATERI :
MENCUCI TANGAN YANG BAIK DAN BENAR
MENCUCI TANGAN YANG BAIK DAN BENAR
- Pengertian
Mencuci tangan adalah menggosok air dengan sabun secara bersama-sama seluruh kulit permukaan tangan dengan kuat dan ringkas kemudian dibilas dibawah aliran air (Larsan, 1995). - Tujuan Mencuci Tangan
Mencuci tangan merupakan satu tehnik yang paling mendasar untuk menghindari masuknya kuman kedalam tubuh.
Dimana tindakan ini dilakukan dengan tujuan:
1. Supaya tangan bersih
2. Membebaskan tangan dari kuman dan mikroorganisme
3. Menghindari masuknya kuman kedalam tubuh - Bagi setiap orang, mencuci tangan adalah satu tindakan yang takkan lepas kapanpun. Karena merupakan proteksi diri terhadap lingkungan luar. Nah sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk melakukan cuci tangan?
- Sebelum dan sesudah makan
Untuk menghindari masuknya kuman kedalam tubuh saat kita makan - Setelah buang air besar
Besar kemungkinan tinja masih tertempel di tangan, sehingga diharuskan untuk mencuci tangan - Setelah bermain
Kebiasaan anak kecil adalah bermain ditempat yang kotor.Seperti tanah. Dimana kita tahu bahwa banyak sekali kuman didalam tanah, jadi selesai bermain harus mencuci tangan supaya kuman dari tanah hilang dan tidak menempel ditangan. - Sebelum dan sesudah melakukan tindakan
Bagi adik-adik mencuci tangan ini juga bisa dilakukan sebelum dan sesudah belajar, sebelum dan sesudah bangun tidur dan sesudah melakukan kegiatan yang lain. - Langkah-langkah dalam mencuci tangan
Langkah-langkah dalam melakukan cuci tangan yang benar dan sehat adalah - Gulung lengan baju sampai atas pergelangan tangan ,lepaskan cincin, jam tangan dan perhiasan tangan lain
- Basahi tangan sampai sepertiga lengan dibawah air mengalir
- Ambil sabun cair kira-kira 5 ml,ratakan pada tangan yang telah dibasahi
- Gosok bagian telapak tangan dengan telapak tangan satunya lalu masukan jari-jari tangan kanan ke sela-sela jari-jari tangan kiri
- Pindahkan telapak tangan kanan ke punggung tangan kiri gosokan, tanpa saling melepaskan lalu masukan jari-jari tangan kanan ke sela0sela tangan kiri. Lakukan pada tangan yang sama.
- Lakukan penggosokan kuku-kuku
- Bersihkan jempol tangan kanan dengan menggegamnya dengan tangan kiri lalu diputar-putar, lakukan pada tangan yang satunya.
- Kadang perlu menggosok garis telapak tangan
- Gosok bagian pergelangan tangan
- Bersihkan dengan air mengalir lalu kerigkan.
I. SKENARIO PEMBELAJARAN
No | Waktu | Uraian Kegiatan | Kegiatan Penyuluhan | Kegiatan Murid |
1 2 3 4 | 3 menit 15 menit 25 menit 5 menit | Pendahuluan Penjelasan Materi Evaluasi Penutup | Memperkenalkan diri dan menjelaskan tujuan Menjelaskan materi Demonstrasi Tanya jawab Menyimpulkan | Mendengarkan dan memperhatikan Mendengarkan · Bertanya · Mempraktekkan cara mencuci tangan yang benar Memperhatikan |
J. MEDIA
a. Laptop dan proyektor
b. Alat-alat yang diperlukan (sabun cair ataupun padat, air mengalir, lap sebagai pengering)
c. Handout
K. METODE EVALUASI
1. Evaluasi Struktur
Waktu untuk mulai acara, persiapan alat, persiapan media, kelengkapan jumlah mahasiswa, kelengkapan alat yang akan digunakan.
2. Evaluasi Proses
Bagaimana berlangsungnya proses pembelajaran, ada hambatan atau tidak ada hambatan, keaktifan murid saat proses pembelajaran, tanya jawab bisa hidup atau tidak
3. Evaluasi Hasil
a) Dengan memberikan pertanyaan secara lisan
a. Jelaskan pengertian mencuci tangan
b. Jelaskan tujuan mencuci tangan
c. Jelaskan kapan waktu untuk mencuci tangan
b) Salah satu murid maju untuk mempraktekkan mencuci tangan yang benar dan sehat
1. Evaluasi Struktur
Waktu untuk mulai acara, persiapan alat, persiapan media, kelengkapan jumlah mahasiswa, kelengkapan alat yang akan digunakan.
2. Evaluasi Proses
Bagaimana berlangsungnya proses pembelajaran, ada hambatan atau tidak ada hambatan, keaktifan murid saat proses pembelajaran, tanya jawab bisa hidup atau tidak
3. Evaluasi Hasil
a) Dengan memberikan pertanyaan secara lisan
a. Jelaskan pengertian mencuci tangan
b. Jelaskan tujuan mencuci tangan
c. Jelaskan kapan waktu untuk mencuci tangan
b) Salah satu murid maju untuk mempraktekkan mencuci tangan yang benar dan sehat
0 komentar:
Posting Komentar